Selasa, 14 Juli 2015

dalam beribadah

melirik sisi romantis rasulullah saw

paket umroh murah akhir tahun 2015 syariat islam diturunkan melalui tangan muhammad saw. bukanlah malaikat, melainkan beliau seorang manusia bihasrat seperti kita.  "katakanlah, sesungguhnya saya ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadsaya: "bahwa sesungguhnya ilahi kamu itu merupakan ilahi yang esa". barang siapa mengharap perjumpaan dengan ilahinya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada ilahinya". ( qs al kahfi [18] : 110).



dengan tuntunan wahyu tersebut rasulullah saw dinobatkan oleh allah swt sebagai suri tauladan. "sesungguhnya telah ada pada (diri) rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut allah". (qs al ahzab [33] : 21).

oleh karenanya dalam segala aspek kehidupan rasullah saw menjadi contoh baik bagi kita. termasuk dalam masalah rumah tangga.

layaknya manusia bihasrat rasulullah saw mempunyai sisi romantis. beliau sangat pandai dan baik dalam memperlsayakan istri-istrinya.

di antara sisi romantis rasulullah saw, beliau mencium istrinya sebelum keluar untuk shalat. dari 'aisyah radhiallaahu 'anha, "bahwa nabi saw mencium sebagian istrinya kemudian keluar menunaikan shalat tanpa berwudhu dahulu". (hr ahmad).

hal ini pertanda bagaimana rasulullah saw menglisankan cinta kepada istrinya dengan sederhana dan bersahaja. hadis ini juga memberikan perihal kelembutan rasulullah saw dalam memperlsayakan istri-istrinya.

rasulullah saw pun senang memanjakan istrinya.

dalam riwayat ibnu hibban menambahkan, "dan tangan kami bersenilahi".

dalam memperlsayakan istri-istrinya rasulullah saw bukan saja dengan kelembutan. tak segan-segan rasulullah saw mengerjakan perkerjaan mereka. di antaranya mencuci pakaian. paket umroh murah akhir tahun 2015

'aisyah umul mukminin mengisahkan, "rasulullah sawpernah mencuci pakaian bekas kami, lalu keluar untuk menunaikan shalat dengan pakaian tersebut, dan saya masih melihat bekas cucian itu." (hr bukhari muslim).

bayangkahlah! muhammad  merupakan seorang nabi dan rasul. manusia yang derajatnya ditinggikan allah swt. beliau juga seorang pemimpin umat. namun tak segan mengerjakan pekerjaan rumah yang bihasrat dikerjakan oleh perempuan; mencuci baju.

bukan hanya itu, dikala itu masyminuman beralkoholat menganggap perempuan kelas kedua. bahkan memiliki anak perempuan dianggap sebagai suatu aib. dan perempuan dianggap najis dikala haid, seperti yang diyakini orang yahudi. sehingga tidak berkenan makan bersama dengan wanita haid.

rasulullah saw mengajarkan untuk memperlsayakan dengan istimewa. hal itu ditunjukkan dikala nabi muhammad saw tidak sungkan mandi dari sisa air istrinya. dari ibnu abbas, "bahwa nabi saw pernah mandi dari air sisa maimunah." (hr muslim).

semua hal yang dilsayakan oleh rasulullah pertanda bahwa rasulullah sangat memahami psikis dan perhasratan wanita. rasulullah saw pun menghargai persamaan. wallahu 'alam bi showwab. paket umroh murah akhir tahun 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar