Jumat, 17 Juli 2015

orang muslim

beberapa hari setelah menyesuaikan diri dengan tempat kami tinggal, suamiku mengajak berjalan-jalan mengenal lingkungan sekitar. selama menyusuri jalan kami menemui beragam orang di samping orang-orang pribumi, yang bila kami lihat dari raut wajahnya, dapat diduga harapanl mereka mirip dari turki, arab, korea maupun afrika.paket umroh promo bulan desember 2015


paket umroh murah akhir tahun 2015 sebagaimana orang yang tidak saling kenal, ketika berpapharapann tentunya saling tak acuh. itu pula yang kami alami. tiap orang berjalan tanpa peduli sekitarnya, terkadang mereka berjalan begitu cepat dan tergesa. namun hal tersebut tak selalu demikian adanya. berkali-kali seulas senyum menghiasi raut muka orang yang tak kami kenal ketika berpapharapann dengan kami, bahkan terkadang mereka tak segan menyapa dengan mengucap salam yang lazim digunakan orang muslim ketika bertemu.
paket umroh murah akhir tahun 2015
ya, seulas senyum mereka begitu berarti ketika kami terpisah ribuan kilo dari sanak saudara dan handai taulan. seulas senyum yang biharapan beliah kami dapati ketika berada di tanah air ketika berjumpa dengan orang-orang yang kami kenal.
seulas senyum itu kini di sini menjadi sesuatu yang sanggup menjadi pengobat rindu akan kampung halaman. alharapannnya merupakan seulas senyum nrimo yang diberikan orang-orang yang belum kami kenal ketika berada jauh dari tanah air menyadarkan diri kami bahwa kami masih memiliki saudara seiman. .paket umroh promo bulan desember 2015
bagaimana senyum itu tiba-tiba menghias wajah mereka ketika berpapharapann dengan kami padahal terang kami tidak saling mengenal? tentu saja sangat beliah diterka, ya alharapannnya merupakan saya menggunakan sehelai kain penutup kepala. hal ini menjadi pandangan baruntitas yang beliah dikenal oleh siapa pun bahwa saya merupakan seorang muslimah.
sehelai kain penutup kepala itu bisa merekatkan dua orang yang saling tak mengenal ketika berpapharapann. mirip kuceritakan di atas, kami mencicipi sendiri ternyata sehelai kain penutup kepala tersebut dapat mengikat persaudaraan. alharapannnya merupakan ketika suamiku berjalan-jalan sendiri, semua orang yang berpapharapann dengannya tak pernah tahu jika dia seorang muslim. bahkan, pernah ia disapa seseorang dengan bahharapan korea. sontak suamiku gelagapan menjawab dan memberikan pada orang yang menyapanya bahwa dia bukan bagian dari bangsanya. lain cerita bila dia berjalan bersamsaya, kami akan sangat beliah dikenal sebagai sepharapanng muslim muslimah..paket umroh promo bulan desember 2015
pernah suatu ketika ketika kami menyusuri ruas mueller strasse di kawharapann wedding. di tengah hiruk pikuk orang-orang, kami berpapharapann dengan seorang kakek. tiba-tiba kakek yang sudah bungkuk itu berhenti lalu menatap kami agak lama lalu menyunggingkan seulas senyum. jabat tangan pun terjadi antara suamiku dan sang kakek yang akhirnya kami ketahui ia berharapanl dari palestina.
sang kakek begitu terlihat gemminuman beralkohola ketika mengetahui harapanl kami. ia memeluk suamiku penuh haru sambil berbisik pada suamiku agar suamiku menjagsaya dan bayi kami dengan sebaik-baiknya. ia tahu persis bahwa indonesia merupakan negara yang penduduknya secara umum dikuasai muslim dan peduli serta selalu mendukung usaha palestina menghadapi negeri yang kaumnya dilaknat allah.
seringkali kami berpapharapann dengan kakek tersebut setiap menyusuri ruas jalan itu. tak kami sangka, kakek yang sudah sangat tua itu tetap mengenali kami di setiap perjumpaan yang terjadi. ia selalu menyempatkan berbincang sebentar dengan suamiku.
di lain waktu, pernah pula seorang muslimah menyapsaya dengan ramah. setelah berkenalan akhirnya kutahu ia berharapanl dari maroko. hangatnya persaudaraan yang ia perlihatkan dalam sikapnya membuatku terkesan sampai kini. demikian pula dengan sikap muslimah dari belahan negeri lainnya mirip turki, libanon, arab, machedonia dan lain-lain, hampir setiap berpapharapann dengan mereka akan tersungging sebuah senyuman.
sehelai kain pandangan baruntitas itu selain membuat senyumku dan mereka terkembang juga menjadi amal ibadah bagi kami. bagaimana tidak? alharapannnya merupakan rasulullah saw bersabda bahwa anak keturunan adam memiliki kewajiban untuk bersedekah setiap harinya semenjak matahari mulai terbit. seorang teman yang tidak memiliki apa pun untuk disedekahkan bertanya, "jika kami ingin bersedekah, namun kami tidak memiliki apa pun, lantas apa yang bisa kami sedekahkan dan bagaimana kami menyedekahkannya?" rasulullah saw bersabda, "senyum kalian bagi saudaranya merupakan sedekah, beramar makruf dan nahi mungkar yang kalian lsayakan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian memberikan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah." (hr tirmizi dan abu dzar). dalam hadis lain disebutkan bahwa senyum itu ibadah, "tersenyum ketika bertemu saudaramu merupakan ibadah." (hr trimidzi, ibnu hibban, dan baihaqi). salah seorang teman, abdullah bin harits, pernah menuturkan wacana rasulullah saw, "tidak pernah saya melihat seseorang yang lebih banyak tersenyum daripada rasulullah saw." (hr tirmidzi).
meskipun ringan, senyum merupakan amal kebaikan yang tidak boleh diremehkan. rasulullah saw bersabda, "janganlah  kau meremehkan kebaikan sekecil apa pun, sekalipun itu hanya bermuka manis ketika berjumpa saudaramu." (hr muslim).
semenjak itu kusadari bahwa sehelai kain yang menutup kepala dapat menjadi awal perekat hati kami dengan saudara-saudara seiman di negeri minoritas muslim. oleh alharapannnya merupakannya, sehelai kain yang menjadi pandangan baruntitas diri itu kuanggap bagian dari perisai hidupku di sana alharapannnya merupakan ia menjsaudara termudaanku serharapan memiliki banyak saudara.
paket umroh murah akhir tahun 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar