Minggu, 12 Juli 2015

membantah

siksa dan nikmat di alam kubur





alam kubur artinya awal kehidupan hakiki dari seorang insan. mempelajari apa-apa yang terjadi di alam kubur banyak menunjukkan faedah. seseorang yang mengetahui bahwa di alam kubur ada nikmat kubur tentu akan berperjuangan semampu mungkin selama ia masih hidup agar menjadi orang yang layak menerima nikmat kubur kelak. seseorang yang mengetahui bahwa di alam kubur ada adzab kubur juga akan berperjuangan semampu mungkin agar ia terhindar darinya kelak. nikmat dan adzab kubur artinya perkara gaib yang tidak terindera oleh insan. paket umroh murah akhir tahun 2015 insan yang mencicipinya pun tentu tidak dapat mengabarkan kepada yang masih hidup akan kebenarannya. maka satu-satunya sumber keyakinan kita akan adanya adzab dan nikmat kubur artinya dalil qur'an dan sunnah. dan berbagai dalil dari qur'an dan as sunnah serta ijma' para teman dan tabi'in yang menetapkan adanya alam kubur. namun sebagian orang dari kalangan ahlul bid'ah mengingkarinya alkeinginannnya artinya penyimpangan mereka dalam memahami dalil-dalil syar'i.


paket umroh murah akhir tahun 2015 dalam artikel ini akan kami paparkan beberapa dalil yang menetapkan adanya adzab dan nikmat kubur serta pembahkeinginann mengenai beberapa simpansencuan yang beredar seputar dilema ini.
dalil al qur'an
dalil 1
ùˆùžø­ùžø§ù‚ùž ø¨ùø¢ùžù„ù ùùø±ù’ø¹ùžùˆù’ù†ùž ø³ùùˆø¡ù ø§ù„ù’ø¹ùžø°ùžø§ø¨ù ø§ù„ù†ùžù‘ø§ø±ù ùšùø¹ù’ø±ùžø¶ùùˆù†ùž ø¹ùžù„ùžùšù’ù‡ùžø§ øºùø¯ùùˆù‹ù‘ø§ ùˆùžø¹ùžø´ùùšù‹ù‘ø§ ùˆùžùšùžùˆù’ù…ùž øªùžù‚ùùˆù…ù ø§ù„ø³ùžù‘ø§ø¹ùžø©ù ø£ùžø¯ù’ø®ùù„ùùˆø§ ø¢ùžù„ùž ùùø±ù’ø¹ùžùˆù’ù†ùž ø£ùžø´ùžø¯ùžù‘ ø§ù„ù’ø¹ùžø°ùžø§ø¨ù
"maka allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka, dan firaun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (dikatakan kepada malaikat): "masukkanlah firaun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat simpanses"." (qs. ghafir/ al mu'min: 45-46)
al hafidz ibnu katsir menterperincikan ayat ini, "arwah fir'aun dan pengikutnya dihadapkan ke neraka setiap pagi dan petang terus-menerus sampai datang hari kiamat. saat kiamat datang barulah arwah dan jkeinginand mereka sama-sama mencicipi api neraka". mudau juga berkata, "ayat-ayat ini artinya landkeinginann kuat bagi ahlussunnah ihwal adanya adzab kubur" (tafsir al qur'an azhim, 7/146). hal ini juga senada dengan penterperincian jumhur ahli tafsir mirip mujahid (dinukil dari an nukat wal'uyun, 4/39), al alusi (ruuhul ma'ani, 18/103), asy syaukani (fathul qadir, 6/328), al baidhawi (anwar at tanziil, 5/130), muhammad amin asy syinqithi (adhwa' al bayan, 7/82), abdurrahman as sa'di (taisiir kariim ar rahman, 738).
memang benar bahwa ada penafsiran lain terhadap ayat ini. qatadah menafsirkan bahwa maksud ayat (yang artinya) 'kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang' artinya taubiikh atau penghinaan terhadap fir'aun dan pengikutnya dalam keadaan mereka masih hidup. penafsiran ini walaupun tidak menetapkan adanya adzab kubur namun tidak menafikannya. ibnu abbas radhiallahu'anhu menafsirkan bahwa arwah mereka ada di akup burung hitam yang bertengger di atas neraka yang datang di kala sore dan pagi hari (dinukil dari an nukat wal'uyun, 4/39). penafsiran ibnu abbas ini pus menetapkan adanya alam kubur.
ahli tafsir yang terpengaruh pemikiran mu'tazilah pun membantah bahwa ayat ini membicbiran adzab kubur semisal az zamakhsyari (al kasyaf, 6/118) dan fakhruddin arrazi (mafatihul ghaib, 13/342), dengan sebatas bantahan akal semata. maka, -insya allah- penafsiran yang sempurna artinya yang kami sebutkan di awal alkeinginannnya artinya bersesuaian dengan dalil lain dari al qur'an dan hadits yang akan kami sebutkan nanti. alkeinginannnya artinya antara dalil itu saling menafsirkan dan tidak mungkin saling berihwalan.
dalil 2
{ùˆùžù„ùžùˆù’ øªùžø±ùžù‰ ø¥ùø°ù ø§ù„ø¸ùžù‘ø§ù„ùù…ùùˆù†ùž ùùùš øºùžù…ùžø±ùžø§øªù ø§ù„ù’ù…ùžùˆù’øªù ùˆùžø§ù„ù’ù…ùžù„ùžø§ø¦ùùƒùžø©ù ø¨ùžø§ø³ùø·ùùˆ ø£ùžùšù’ø¯ùùšù‡ùù…ù’ ø£ùžø®ù’ø±ùø¬ùùˆø§ ø£ùžù†ù’ùùø³ùžùƒùù…ù ø§ù„ù’ùšùžùˆù’ù…ùž øªùø¬ù’ø²ùžùˆù’ù†ùž ø¹ùžø°ùžø§ø¨ùž ø§ù„ù’ù‡ùùˆù†ù ø¨ùù…ùžø§ ùƒùù†ù’øªùù…ù’ øªùžù‚ùùˆù„ùùˆù†ùž ø¹ùžù„ùžù‰ ø§ù„ù„ùžù‘ù‡ù øºùžùšù’ø±ùž ø§ù„ù’ø­ùžù‚ùù‘ ùˆùžùƒùù†ù’øªùù…ù’ ø¹ùžù†ù’ ø¢ùžùšùžø§øªùù‡ù øªùžø³ù’øªùžùƒù’ø¨ùø±ùùˆù†ùž
"alangkah dahsyatnya sekiranya  kau melihat di waktu orang-orang yang zalim (berada) dalam tekanan-tekanan sakaratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): "keluarkanlah nyawamu". di hari ini  kau dibalas dengan siksaan yang sangat menghinakan, alkeinginannnya artinya  kau selalu mengatakan terhadap allah (perkataan) yang tidak benar dan (alkeinginannnya artinya)  kau selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-nya." (qs. al an'am: 93)
al imam al bukhari rahimahullah, dalam shahih-nya membuat judul bab ø¨ø§ø¨ ù…ùžø§ ø¬ùžø§ø¡ùž ùùù‰ ø¹ùžø°ùžø§ø¨ù ø§ù„ù’ù‚ùžø¨ù’ø±ù (bab dalil-dalil ihwal adzab kubur) lalu mudau menyebutkan ayat di atas.
seorang pakar tafsir di zaman ini, syaikh abdurrahman as sa'di -rahimahullah- menterperincikan, "ayat ini artinya dalil adanya adzab dan nikmat kubur. alkeinginannnya artinya dari konteks kalimat, adzab yang ditujukan kepada orang-orang kafir tersebut dirkeinginankan saat sakaratul maut, saat dicabut nyawa dan setelahnya" (taisiir kariim ar rahman, 264)
dalil 3
ùˆùžù„ùžø§ øªùžù‚ùùˆù„ùùˆø§ ù„ùù…ùžù†ù’ ùšùù‚ù’øªùžù„ù ùùùš ø³ùžø¨ùùšù„ù ø§ù„ù„ùžù‘ù‡ù ø£ùžù…ù’ùˆùžø§øªùœ ø¨ùžù„ù’ ø£ùžø­ù’ùšùžø§ø¡ùœ ùˆùžù„ùžùƒùù†ù’ ù„ùžø§ øªùžø´ù’ø¹ùø±ùùˆù†ùž
"dan janganlah  kau mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi  kau tidak menyadarinya." (qs. al baqarah: 154)
al hafidz ibnu katsir memaparkan, "allah ta'ala mengabarkan bahwa para syuhada itu hidup di alam barzakh dalam keadaan senantikeinginan diberi rizki oleh allah, sebagaimana dalam hadits yang terdapat pada shahih muslim paket umroh murah akhir tahun 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar