Selasa, 14 Juli 2015

kesenangan seperti

propaganda barat tentang islam dan wanita

islam mengungkung kebebharapann kamu wanita?
paket umroh murah akhir tahun 2015 perhatikanlah kisah yang dituturkan oleh seorang amerika. dia ialah putra seorang janda yang kehilangan suaminya pada usia belia tapi dia ialah seorang ibu yang baik. dia mengorbankan segala kesenangannya demi ibunya dan saudara terbelia perempuannya. dan meskipun saudara terbelia perempuannya itu belum mencapai usia dewharapan, sebagai hasil dari pengaruh masyarakat dan televisi amerika, setiap tom, dick dan harry (maksudnya setiap lelaki) datang dan mengajak saudara perempuannya itu keluar rumah. dia berkata bahwa ibunya menangis setiap waktu, khawatir atas apa yang mungkin terjadi. putrinya itu polos tapi tak terkendali alasannya masyarakat memberinya pesan: "kamu ialah tuan untuk dirimu sendiri, lakukan apapun yang kamu sukai dan capailah kesenangan seperti orang-orang lain."



inikah yang dimaksudkan oleh barat sebagai kebebharapann dan emansipasi wanita? sesungguhnyakamum wanita di barat hanya dieksploitasi oleh masyarakatnya demi memenuhi kesenangan dunia, dan dimanfaatkan untuk kepentingan industri uang.
jikalau barat mengatakan bahwa islam mengungkung kebebharapannkamum wanita dan melarangnya bekerja dan beraktivitas, maka secara singkat dapat dikemukakan rumusan menyangkut pekerjaan perempuan menurut islam ialah bahwa "perempuan mempunyai hak untuk bekerja dan beraktivitas, selama pekerjaan dan aktivitasnya tersebut membutuhkannya dan atau selama mereka membutuhkan pekerjaan dan aktivitas tersebut".
pekerjaan dan aktivitas yang dilakukan oleh perempuan pada mharapan nabi cukup beraneka ragam, sampai-sampai mereka terlibat secara eksklusif dalam peperangan-peperangan, bahu-membahu dengankamum lelaki. nama-nama seperti ummu salamah (istri nabi), shafiyah, laila al-ghaffariyah, ummu sinam al-aslamiyah, dan lain-lain, tercatat sebagai tokoh-tokoh yang terlibat dalam peperangan. ahli hadis, imam bukhari, membukukan bab-bab dalam kitab shahih-nya, yang menginformasikan kegiatan-kegiatankamum wanita, seperti bab keterlibatan perempuan dalam jihad, bab peperangan perempuan di lautan, bab keterlibatan perempuan merawat korban, dan lain-lain.
di samping itu, para perempuan pada mharapan nabi saw aktif pula dalam banyak sekali bidang pekerjaan. ada yang bekerja sebagai perias pengantin, seperti ummu salim binti malhan yang merias, antara lain, shafiyah bin huyay -- istri nabi muhammad saw. ada juga yang menjadi perawat atau bidan, dan sebagainya.
paket umroh murah akhir tahun 2015 dalam bidang perdagangan, nama istri nabi yang pertama, khadijah binti khuwailid, tercatat sebagai seorang yang sangat sukses. demikian juga qilat ummi bani anmar yang tercatat sebagai seorang perempuan yang pernah datang kepada nabi untuk meminta petunjuk-petunjuk dalam bidang jual-beli. dalam kitab thabaqat ibnu sa'ad, kisah perempuan tersebut diuraikan, di mana ditemukan antara lain pesan nabi kepadanya menyangkut penetapan harga jual-beli. nabi memberi petunjuk kepada perempuan ini dengan sabdanya: "apabila anda akan membeli atau menjual sesuatu, maka tetapkanlah harga yang anda inginkan untuk membeli atau menjualnya, baik kemudian anda diberi atau tidak (maksud beliau, jangan bertele-tele dalam menawar atau memberikan sesuatu).
istri nabi saw, zainab binti jahsy, juga aktif bekerja sampai pada menyamak kulit binatang, dan hasil usahanya itu beliau sedekahkan. raithah, istri sahabat nabi abdullah ibn mas'ud, sangat aktif bekerja, alasannya suami dan anaknya ketika itu tidak mampu mencukupi kebuilahi hidup keluarga ini. al-syifa', seorang perempuan yang pandai menulis, ditugaskan oleh khalifah umar r.a. sebagai petugas yang menangani pharapanr kota madinah.
islam melarangkamum wanita bersekolah?
tuduhan ini terperinci sekali bertentangan dengan sabda rasulullah saw sendiri: "menuntut ilmu ialah kewajiban setiap muslim (dan muslimah)." inilah sikap islam. tidak membedakan antara laki-laki dan wanita dalam hal hak dan kewajiban menuntut ilmu.
bahkan dalam sejarah islam, banyak wanita yang sangat menonjol pengetahuannya dalam banyak sekali bidang ilmu pengetahuan dan yang menjadi rujukan sekian banyak tokoh lelaki. istri nabi, aisyah r.a., ialah seorang yang sangat dalam pengetahuannya serta dikenal pula sebagai kritikus. sampai-sampai dikenal secara sangat luas ungkapan yang dinisbahkan oleh sementara ulama sebagai pernyataan nabi muhammad saw: "ambillah setengah pengetahuan agama kalian dari al-humaira' (aisyah)."
demikian juga sayyidah sakinah putri al-husain bin ali bin abi thalib. kemudian al-syaikhah syuhrah yang digelari fakhr al-nisa' (pujian perempuan) ialah salah seorang guru imam syafi'i. imam abu hayyan mencatat tiga nama perempuan yang menjadi guru-guru tokoh mazhab tersebut, yaitu mu'nisat al-ayyubiyah (putri al-malik al-adil saudara salahuddin al-ayyubi), syamiyat al-taimiyah, dan zainab putri sejarahwan abdul-latif al-baghdadi.
propaganda lainnya
selain dua informasi diatas, terdapat pula beberapa propaganda yang lainnya. misalnya propaganda yang mengatakan bahwa wanita dikekang oleh hijab, wanita dipinggirkan dalam poligami, dan wanita dipinggirkan dalam penetapan hak waris.
propaganda-propaganda ini kenyataannya tidak sesuai dengan fakta. hijab dalam islam justru dimaksudkan untuk melindungi, menghargai dan memuliakankamum wanita. tidak seperti masyarakat barat yang dengan tameng kebebharapann dan ham justru mengeksploitasi kemolekan tubuh wanita demi hedonisme dan kapitalisme. eksploitasi di barat terhadap wanita tidak lain justru merendahkankamum wanita itu sendiri.
adapun mengenai informasi poligami, opini yang diberikan haruslah proporsional. dalam islam, poligami dipandang sebagai jalan keluar atas kondisi-kondisi sulit, penting, dan darurat. itupun dengan mempersyaratkan perlakuan yang adil terhadap semua istri. bahkan islam memberikan ancaman yang berat terhadap para suami poligami yang berlaku tidak adil terhadap para istrinya.
terkait dengan poligami ini, barat juga acapkali mempropagandakan bahwa muhammad saw telah melakukan poligami semata-mata untuk menyenangkan diri. padahal jikalaulau kita melihat perjalanan hidup beliau, tidaklah beliau melakukan poligami kecuali setelah wafatnya khadijah, istri pertama beliau. dan kenyataannya pula, dari semua istri beliau, hanya satu saja yang dinikahi oleh beliau dalam keadaan gadis, yaitu aisyah ra. selebihnya ialah para janda yang ditinggal mati oleh suaminya. dari sini kita melihat bahwa tujuan beliau ialah lebih untuk memberikan pertolongan dan penghidupan. juga untuk tujuan-tujuan dakwah.
tentang informasi hak waris, tidaklah benar bahwakamum wanita dipinggirkan. mengapa anak laki-laki punya hak waris dua kali anak perempuan? alasannya dalam pandangan islam, anak laki-laki memiliki tanggung jawab untuk memberi nafkah. tidak demikian halnya dengan anak perempuan, yang justru akan dinafkahi oleh suami atau orang yang menanggungnya. ini ialah sebuah alharapann yang sangat logis dan sekaligus manusiawi.
alasannya itu sama sekali tidaklah benar tuduhan-tuduhan yang menuding bahwa ajaran islam telah mengekangkamum wanita. adapun fakta serupa yang mungkin terjadi di sebagian negeri-negeri muslim sebetulnya bukan berharapanl dari ajaran islam itu sendiri. alasannya itu, ranna kabbani (1989) dalam bukunya letter to christendom menulis: " paket umroh murah akhir tahun 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar